Mohon tunggu hingga laman ini termuat sepenuhnya...

Jika laman ini tidak termuat, tekan F5 atau klik kanan di laman kemudian klik Reload

© 2011 - 2014 Softtama

Software khusus untuk tes buta warna | Color Blind Test Software

Selamat malam minggu sobat blogger! Malam ini saya akan sharing sekaligus memenuhi permintaan teman saya yang request software ini, tentang satu software yang berguna untuk mengetes mata kita -apakah normal atau buta-. Software ini bernama Color Blind Test yang artinya tes buta warna, yang dirilis oleh MorphostLab Software (www.morphostlab.com).

Tes buta warna merupakan salah satu tes yang diwajibkan dalam tes kesehatan. Dan metode tes buta warna yang sering digunakan adalah metode tes Ishihara oleh dr. Shinobu Ishihara. Dokter mata biasanya memiliki buku Ishihara yang terdiri dari 38 gambar (38 plates) untuk diuji pada pasiennya. Nah, gambar-gambar ini lah yang dimasukkan ke dalam satu software untuk dijadikan sebagai software tes buta warna.

Software Color Blind Test ini adalah software khusus untuk tes buta warna dengan metode Ishihara, tes singkat buta warna (8 gambar yang diambil dari koleksi buku Ishihara), dan tes buta warna dengan bentuk bangun dua dimensi.

Screenshot software Color Blind Test:


Gambar 1: Tampilan utama Color Blind Test

Klik "Lihat" untuk melihat screenshot lainnya:



Gambar 2: Tampilan tes nomor 1 untuk Tes Lengkap Buta Warna Color Blind Test

Gambar 3: Hasil akhir menunjukkan "Anda Normal" bila mampu menjawab seluruh tes dengan benar

Gambar 4: Tampilan Tes Buta Warna dengan Bangun Dua Dimensi nomor 1

Gambar 5: Hasil akhir pada bagian Tes Buta Warna dengan Bangun Dua Dimensi menunjukkan bahwa "Anda tidak menderita buta warna!"
Hasil tes dari software ini ada tiga. Yaitu normal, buta warna parsial dan buta warna total. Ketiga hasil ini bisa diperoleh dari pengujian terhadap 38 gambar metode Ishihara. Gambar nomor satu hingga 25 merupakan soal tebak angka. Seseorang dengan berpenglihatan normal harus menjawab normal dari soal nomor 1 hingga 17 dan soal nomor 22 hingga 25. Kecuali untuk nomor 18 hingga 21 hanya bisa dilihat dengan jelas oleh penderita buta warna. Soal nomor 26 hingga 38 adalah soal dimana seseorang harus melihat susuran garis pada gambar. Orang normal mampu melihat jalur garis pada soal nomor 26 hingga 38 kecuali nomor 27 dan 28 karena kedua gambar ini dapat dilihat jelas oleh penderita buta warna.

Untuk soal nomor 1 dan 38 seharusnya dapat dilihat dengan jelas oleh orang normal dan penderita buta warna parsial kecuali buta warna total. Jadi sebenarnya hanya dengan kedua gambar ini biasanya sudah bisa dibedakan antara penderita buta warna total dengan orang normal + penderita buta warna parsial. 

Dengan diagnosis dari tiap soal yang telah dijelaskan diatas maka dapat ditarik penilaian dari hasil yang telah dijawab oleh peserta tes. Software ini menyediakan 3 tipe tes, di antaranya; tes lengkap, tes singkat dan tes dengan soal bentuk bangun dua dimensi.

Tidak cuma ini, dalam software ini disediakan juga test singkat kalau memang anda tidak punya banyak waktu. Pada tes singkat ini, penjelasannya juga sudah disertakan. Dan yang terakhir adalah tes buta warna dengan bentuk bangun dua dimensi, juga sudah dilengkapi dengan penjelasan.

Setelah saya mengetes software ini, memang masih ada kekurangannya, yaitu jendela aplikasi software ini tidak bisa di-move/digeser dan tidak bisa di-maximize. Tapi semua itu gak bikin masalah kan, kan tujuannya juga cuma buat tes buat warna aja.. hehe

Untuk mendownload software Color Blind Test ini, silakan klik pada tombol di bawah ini:
DOWNLOAD HERE →
Source: www.morphostlab.com
Nama software: Color Blind Test Software
Diulas oleh: Rizki Pratama
Tanggal: Apr 07 2012
Rating: 4.2

Keyword:
Artikel lain yang mungkin sobat cari:
Sebagai pembaca yang baik, alangkah indahnya jika kita saling share artikel ini...

Ada 2 komentar yang telah ditulis:

  1. Blog walking gan..en nice info moga blog nya makin maju gan...hee..hee.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan atas kunjungannya... amiiin.. hehe ^^

      Hapus